PERENCANAAN PRASARANA PENDIDIKAN

RENCANA PEMBANGUNAN SEKOLAH UNGGULAN
YANG BERTARAF INTERNASIONAL
DI KABUPATEN KUDUS



Abstrak: Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan rencana pembangunan sekolah unggulan di Kabupaten Kudus. Hal ini berhubungan dengan rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus untuk membangun Sekolah Unggulan. Menjamurnya sekolah unggulan saat ini merupakan reaksi pemerintah atas semakin menurunnya kualitas pendidikan Nasional. Hasil Ujian Nasional di seluruh Indonesia menunjukkan penurunan, presentase ketidaklulusan mencapai 50 % ( www.gn-ota.or.id )
Kata kunci: sekolah unggulan, Sekolah Bertaraf Internasional, standar mutu pendidikan, Standar Pelayanan Minimal, Standar Sarana dan Prasarana Sekolah, Profil Pendidikan Kab Kudus.
Dalam era globalisasi kemampuan bersaing menjadi prasyarat utama bidang pendidikan pada masa sekarang ini agar tetap eksis ditengah percaturan dunia, untuk mencapai hal tersebut diperlukan sumber daya manusia yang memiliki basis kuat dalam ketrampilan, penguasaan teknologi dan informasi serta pengetahuan, tentunya hanya akan didapatkan melalui proses pendidikan yang memadai.
Fakta menunjukkan bahwa negara-negara di dunia yang tergolong maju maka pendidikannya pun lebih maju sehingga kualitas sumber daya manusianya akan lebih bermutu.
Upaya memajukan dunia pendidikan guna menyiapkan sumber daya manusia di Provinsi Jawa Tengah pada umumnya dan Kabupaten Kudus pada khususnya agar lebih berkualitas, produktif dan kompetitif dalam era globalisasi sekarang ini menjadi tugas utama pemerintah serta partisipasi dan peran keluarga, masyarakat termasuk dunia usaha.
Untuk mewujudkan sasaran di atas, diperlukan adanya penyediaan prasarana, sarana dan peralatan pendidikan yang representatif dan memadai bertaraf Internasional.
Untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan kebutuhan sebuah sekolah yang bermutu inilah Pemerintah Kabupaten Kudus membuat rencana membangun sebuah sekolah unggulan
Makalah ini disusun sebagai tugas pada Mata Kuliah Perencanaan Program Prasarana Pendidikan. Kekurangan dari makalah ini tidak dapat dihindari karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan penulis, sehingga kritik dan pemikiran yang konstruktif untuk penyempurnaan makalah ini menjadi sangat penting terutama dari para dosen pembimbing dan penguji yang terhormat.



Dalam kesempatan ini saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dosen pembimbing dan penguji, semua teman-teman di kelas Diknas Angkatan 2006, dan orang-orang terdekat yang telah mendukung dalam penyelesaian makalah ini, semoga Allah YME memberi berkah atas amal usaha mereka.